PEMBUATAN MODUL PANDUAN PENULISAN MINI RISET MAHASISWA BAHASA JEPANG D3

Rima Novita, Sari and Metty, Suwandany and Zainur, Fitri and Tia, Martia and Bertha, Nursari and Fernanda Hanandini, Ikhsanti and Siti Aisyah, Amini (2021) PEMBUATAN MODUL PANDUAN PENULISAN MINI RISET MAHASISWA BAHASA JEPANG D3. [Experiment]

[img] Text
PEMBUATAN MODUL PANDUAN PENULISAN MINI RISET MAHASISWA BAHASA JEPANG D3.pdf

Download (606kB)
Official URL: http://repository.unsada.ac.id/cgi/oai2

Abstract

Pengabdian masyarakat ini adalah memberikan pelatihan dengan menggunakan pendekatan kualitatif berupa observasi dan riset lapangan. Berbagai kendala timbul bersamaan dengan terjadinya pandemi covid-19 dan meminta sektor pendidikan untuk beradaptasi dengan cepat. Observasi dengan melakukan pertimbangan terhadap kebutuhan mahasiswa tingkat akhir, khususnya di program studi Bahasa Jepang D3 yang tidak dapat melaksanakan praktik kerja lapangan (PKL). Oleh karena itu, tugas kegiatan tersebut digantikan dengan penulisan mini riset. Riset lapangan dilaksanakan dengan mempertimbangkan kebutuhan mahasiswa dalam menulis mini riset. Metode dalam pengabdian ini adalah pelatihan yang diadakan sebanyak empat pelatihan dengan penggunaan aplikasi online Zoom. Setelah dilaksanakan pelatihan pertama dan kedua, mahasiswa diminta memberikan informasi terkait kebutuhan teknis dalam penulisannya. Empat pelatihan yang diberikan adalah informasi penulisan karya ilmiah sistematis, langkahlangkah pemberdayaan google scholar untuk mencari sumber yang relevan, informasi tips menghindari plagiasi, dan penulisan daftar pustaka yang baik dan benar. Hasil menunjukkan bahwa mahasiswa yang sedang menulis mini riset merasa sangat terbantu dengan adanya pelatihan penulisan yang telah diadakan dan lebih memahami tindakan yang harus dilakukan. Dengan mengadakan pelatihan informasi mini riset, mahasiswa tetap dapat menulis karya tugas akhirnya dengan sistematis dan tersusun meskipun pada awalnya belum mendapatkan pengajaran metode penulisan. Selain itu, melalui pelatihan bersama mahasiswa, maka dapat menghasilkan modul dasar tata cara penulisan karya ilmiah yang dibutuhkan. Mini riset dapat dijadikan sebagai alternatif bagi mahasiswa D3 untuk tetap menyelesaikan tugas akhir sesuai bidang dan minat masing-masing meskipun terbatas oleh kesulitan mencari lokasi praktik kerja lapangan.

Item Type: Experiment
Uncontrolled Keywords: Pengabdian Masyarakat, Mini Riset, Praktik Kerja Lapangan, Mahasiswa D3, Pelatihan penulisan
Subjects: 300 Social Science/Ilmu Sosial > 371.3 Methods of Instruction and Study/Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Bahasa Dan Budaya > Bahasa dan Kebudayaan Jepang
Depositing User: Trie anto Perpustakaan
Date Deposited: 31 Aug 2021 05:55
Last Modified: 13 May 2022 06:30
URI: http://repository.unsada.ac.id/id/eprint/1880

Actions (login required)

View Item View Item