DAMPAK PANDEMI TERHADAP KEMAMPUAN BAHASA JEPANG MAHASISWA PROGRAM STUDI BAHASA DAN KEBUDAYAAN JEPANG ANGKATAN 2017-2019 UNIVERSITAS DARMA PERSADA

Bayu, Darmawan (2022) DAMPAK PANDEMI TERHADAP KEMAMPUAN BAHASA JEPANG MAHASISWA PROGRAM STUDI BAHASA DAN KEBUDAYAAN JEPANG ANGKATAN 2017-2019 UNIVERSITAS DARMA PERSADA. Other thesis, Unsada.

[img] Text
Cover.pdf

Download (957kB)
[img] Text
Bab 1.pdf

Download (858kB)
[img] Text
Bab 2.pdf

Download (645kB)
[img] Text
Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (647kB)
[img] Text
Bab 4.pdf

Download (593kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (796kB)
[img] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (831kB)
Official URL: http://repository.unsada.ac.id/cgi/oai2

Abstract

Ketidakseimbangan jumlah pengajar dan pembelajar Bahasa Jepang di Indonesia membuat kualitas pembelajaran Bahasa Jepang di Indonesia tertinggal. Apalagi dengan terjadinya pandemi COVID-19, pembelajaran dilakukan secara daring. Kendala-kendala yang terjadi selama pembelajaran daring, mengakibatkan pembelajaran menjadi tidak efektif. Kurangnya efektivitas pembelajaran daring, mempengaruhi kemampuan Bahasa Jepang mahasiswa hingga menurun. Penelitian skripsi ini bertujuan untuk mengetahui dampak pandemi terhadap kemampuan berbahasa Jepang Mahasiswa pada Program Studi Bahasa dan Kebudayaan Jepang Angkatan 2017-2019 Universitas Darma Persada. Penelitian skripsi ini disusun menggunakan metode deskriptif kualitatif. Penentuan informan dipilih secara acak dengan membagikan kuesioner kepada Mahasiswa Program Studi Bahasa dan Kebudayaan Jepang angkatan 2017-2019. Kendala utama yang dialami Mahasiswa Program Studi Bahasa dan Kebudayaan Jepang dalam pembelajaran daring adalah permasalahan jaringan internet. Kecepatan jaringan dan tidak sedikit wilayah di Indonesia yang belum ter-cover sinyal menjadi permasalahan utama, sehingga dapat dikatakan bahwa kesiapan pembelajaran daring belum maksimal. Kurangnya penguasaan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) bagi dosen dan mahasiswa, serta gangguan eksternal yang dialami mahasiswa juga membuat pelaksaan pembelajaran daring menjadi tidak efektif. Hasil dari penelitian ini yakni perubahan sistem pembelajaran dan perubahan pola pembelajaran selama pembelajaran daring mempengaruhi hasil pembelajaran yang didapatkan mahasiswa, serta penurunan dan peningkatan kemampuan Bahasa Jepang mahasiswa dalam aspek kemampuan berbicara, menulis, menyimak, dan berbicara Bahasa Jepang.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: COVID-19, Dampak Pandemi, Pembelajaran Secara Daring, Kemampuan Bahasa Jepang
Subjects: 400 Language/Bahasa > 495.6 Japanese/Bahasa Jepang
Divisions: Fakultas Bahasa Dan Budaya > Bahasa dan Kebudayaan Jepang
Depositing User: Suwatno Suwatno Perpustakaan
Date Deposited: 06 Nov 2023 07:12
Last Modified: 06 Nov 2023 07:12
URI: http://repository.unsada.ac.id/id/eprint/3748

Actions (login required)

View Item View Item