PENGARUH BAURAN PROMOSI DAN PELAYANAN TERHADAP BRAND IMAGE UNIVERSITAS DARMA PERSADA.

Sukardi, Sukardi and Endang Tri, Pujiastuti (2014) PENGARUH BAURAN PROMOSI DAN PELAYANAN TERHADAP BRAND IMAGE UNIVERSITAS DARMA PERSADA. Prosiding Seminar Hasil Penelitian Semester Ganjil 2013/2014 (1). pp. 221-249. ISSN 2337-7976

[img]
Preview
Text
PENGARUH BAURAN PROMOSI DAN PELAYANAN TERHADAP BRAND IMAGE UNIVERSITAS DARMA PERSADA.pdf

Download (820kB) | Preview
Official URL: http://repository.unsada.ac.id/cgi/oai2

Abstract

Pentingnya citra merk bagi institusi merupakan harapan pemilik maupun pengelola, namun membangun citra merk tidaklah mudah karena memerlukan komitmen dan program-program yang memberikan dukungan terhadap pembentukan citra merk tersebut. Berbagai bentuk usaha yang dilakukan perusahaan dalam rangka membangun citra merknya, seperti kegiatan promosi yang baik dan tepat, pelayanan yang memuaskan, kualitas produk, jaringan luas serta manfaat produk yang tinggi bagi konsumen. Masalah dalam penelitian ini menduga bahwa bauran promosi dan pelayanan mampu membangun citra merk yang kuat di Universitas Darma Persada. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah diskriptif yang menggambarkan fenomena seperti apa adanya. Metode korelasional yaitu mengidentifikasi hubungan variabel indipenden (baurna promosi dan pelayanan) dengan dependen (brand image/citra merk), regresi berganda yaitu mendapatkan model besarnya pengaruh variabel indipenen terhadap dependen. Pengumpulan data menggunakan kuesioner yang disebarkan berdasarkan claster area, empat fakultas di lingkungan Unsada. Dari output di atas jelas terlihat bahwa nilai korelasi secara parsial antara bauran promosi dengan brand image memiliki hubungan 0,619 atau 61.9%. Hal ini menunjukan bahwa korelasi variabel bauran promosi dengan brand image adalah kuat. Sedangkan untuk nilai korelasi pelayanan dengan brand image memiliki hubungan sebesar 0.720 atau 72.0% atau dalam interval kuat. Jika di lihat dari hasil nilai korelasi menunjukkan nilai korelasi lebih besar di banding dengan nilai korelasi bauran promosi. Selanjutnya hasil perhitungan korelasi secara simultan kedua variabel indipenden tersebut menunjukkan nilai r = 0.761 atau 76.1%. Jika dilihat dari besarnya pengaruh kedua variabel tersebut linier r2 = 0.580 atau 58%. Hipotesa H0 di tolak dan menerima H1 bahwa kedua variabel bauran promosi dan pelayanan, memiliki hubungan yang kuat dan linier.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: bauran promosi, pelayanan, brand image, variabel indipenden dan dependen
Subjects: 300 Social Science/Ilmu Sosial > 330 Economics/Ilmu Ekonomi
300 Social Science/Ilmu Sosial > 346.04 Property/Hukum Kepemilikan, Hak Milik Pribadi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: Setyo Renny Perpustakaan
Date Deposited: 23 Oct 2018 05:41
Last Modified: 23 Oct 2018 05:41
URI: http://repository.unsada.ac.id/id/eprint/430

Actions (login required)

View Item View Item