Penentuan Kombinasi Atribut Produk Personal Computer (PC) Dengan Conjoint Analysis Untuk Memenuhi Keinginan Konsumen Di Lebons Computer

Eko, Wahyudi (2008) Penentuan Kombinasi Atribut Produk Personal Computer (PC) Dengan Conjoint Analysis Untuk Memenuhi Keinginan Konsumen Di Lebons Computer. Other thesis, Universitas Darma Persada.

[img] Text
BAB 1.pdf

Download (764kB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 3.pdf

Download (245kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (994kB)
[img] Text
BAB 6.pdf

Download (829kB)
Official URL: http://repository.unsada.ac.id/cgi/oai2

Abstract

Kebutuhan seorang konsumen (user) akan komputer saat ini sudah tidak dapat disangkal lagi. Komputer ini dapat berfungsi sebagai sarana penunjang pendidikan, pekerjaan dan dapat pula sebagai sarana hiburan. Dalam penjualan sebuah PC, selain penjual, konsumen juga memegang peranan yang sangat penting, karena selain penjual yang dapat meyakinkan konsumen untuk membeli, maka pada akhimnya konsumen jugalah yang memutuskan untuk membelinya. Untuk itu yang harus diperhatian oleh para penjual PC adalah bagaimana merancang spesifikasi PC yang paling diminati oleh konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui preferensi konsumen terhadap produk PC berdasarkan spesifikasi dan fitur yang dimilikinya, serta faktor-faktor yang mempengaruhi konsumen dalam memilih PC, dengan menggunakan pendekatan analisis konjoin. Preferensi konsumen ini ah yang nantinya dijadikan panduan untuk dapat memudahkan Lebons Computer dalam merancang dan merakit PC baru untuk konsumen. Metode ini mempunyai basis teori yang kuat dan praktis untuk diterapkan dalam penentuan kebijakan. Analisis konjoin yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis konjoin tradisional, dengan menggunakan bantuan software SPSS 13.0, dan metode presentasi yang digunakan adalah full-profile. Data yang dikumpulkan terdiri dari atribut dan level serta pendapat secara keseluruhan responden terhadap kombinasi atribut produk PC sesuai dan level diperoleh melalui studi lapangan di Lebons Computer. Sampel diambil secara purposif sampling dengan preferensinya. Atribut sebanyak 100 responden. Responden menilai jenis &kecepatan prosesor sebagai atribut yang terpenting untuk dipertimbangkan dalam pemilihan sebuah PC (18,93%). Setelah itu O/S (14,58%), kapasitas harddisk (13,01%), besar memory (12,90%), motherboard (11,47%), besar layar monitor (9,99%), video card (9,82%), dan yang menjadi pertimbangan terakhir adalah optical drive dengan tingkat kepentingan paling rendah yaitu 9,31%. Hasil penelitian ini adalah preferensi konsumen untuk sebuah PC dengan prosesor Intel Dual Core 3.0GHz, operating system Windows XP Professional, harddisk 160GB, memory DDR2 1GB, motherboard ECS, monitor 15" Flat, video card NVIDIA GeForce 7200GS 256MB, optical drive CD-RW.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: konsumen, PC
Subjects: 600 Technology and Applied Sciences /Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 658.8342 Consumer Behavior/Perilaku Konsumen
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri
Depositing User: Trie anto Perpustakaan
Date Deposited: 20 Sep 2023 03:45
Last Modified: 20 Sep 2023 03:45
URI: http://repository.unsada.ac.id/id/eprint/6770

Actions (login required)

View Item View Item