Yuan, Wibisono (2003) Pendekatan Sistem dan Prosedur Bantuan Kredit Pada Bagian Transportasi untuk Meningkatkan Kesejahteraan Pengemudi di P.T. X Jakarta ( Studi Kasus). Other thesis, Universitas Darma Persada.
Text
BAB 1.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB 2.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB 3.pdf Download (684kB) |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
BAB 6.pdf Download (2MB) |
Abstract
PT.X yang berlokasi di JI. Nusantara JI PT. Kawasaan Berikat Nusantara Tanjung Priuk Jakarta Utara merupakan salah satu dari sekian banyak perusahaan jasa yang ada di tanah air, dimana perusahaan tersebut bergerak dibidang transportasi yaitu diantaranya adalah antar-jemput karyawan. Kondisi yang ada pada saat ini banyak kendaraan yang beroperasi dengan keadaan yang sudah tidak layak pakai atau umur teknis kendaraan tersebut telah habis. Hal ini menyebabkan banyak keluhan baik dari para penguna jasa transportasi (konsumen) dimana seringnya terjadi kemogokan kendaraan yang disebabkan kerusakan karena umur kendaraan yang telah tua dan juga keluhan dari pengemudi mengenai kendaraan tersebut dimana kendaraan tersebut merupakan tumpuan untuk tingkat kesejahteraan mereka. Oleh sebab itu PT.X harus sesegera mungkin menyelesaikan permasalahan yang ada sehingga baik konsumen maupun pengemudi mendapatkan kepuasaan. Dari kondisi diatas, maka salah satu alternatif atau metode yang dapat diterapkan adalah dengan melakukan pendekatan sistem dan prosedur bantuan kredit yang diberikan kepada pengemudi. Dalam pelaksanaannya akan dilakukan peremajaan kendaraan sehingga kendaraan yang sudah tidak layak pakai akan diganti dengan kendaraan yang baru dengan pengadaannya menggunakan layanan kredit. Dalam pendekatan sistem ini kendaraan akan menjadi milik pengemudi sesuai prosedur yang ditentukan. Langkah-langkah penyelesaian diawali dengan pengumpulan data. dimana data-data yang dikumpulkan didapatkan dari data-data pengemudi, data data perusahaan dan data-data dari pihak bank yang akan memberian bantuan kredit. Pelaksanan pengumpulan data pengemudi dilakukan dengan tiga tahapan yaitu pengisian biodata, melakukan tes dan mendapatkan penilaian dari perusahaan mengenai kinerja pengemudi. Untuk data-data dari pihak perusahaan adalah persiapan perusahaan untuk melakukan seleksi terhadap pengemudi, membuat rencana kerja pengajuan kredit dan data-data mengenai komersial dan operasional pengemudi untuk kesanggupanya menyelesaikan tanggungan kredit tersebut. Sedangkan pihak bank akan menyiapkan data-data yang bisa mendapatkan bantuan kredit, cara-cara penyelesaian kredit dan besamya tanggungan yang dikenakan pada pihak pengemudi. Hasil dari pengolahan data dan analisis yang telah dilakukan diketahui bahwa besarnya biaya yang akan dibebankan pada pengemudi untuk satu periode dalam hal ini 5 tahun sebesaar Rp. 105.831.000,-, dengan angsuran perhari Rp. 156.200,- untuk enam hari kerja. Dari pelaksanaan prosedur ini keuntungan yang di peroleh pihak pengemudi sebesar Rp. 46. 313. 000, - dan satu unit kendaraan, pihak perusahaan sebesar Rp. 43.750.000,- sedangkan pihak bank sebesar Rp. 17.500.000,- dengan biaya-biaya administrasi yang dikenakan oleh pihak bank terhadap per.gemudi. Dari hasil-hasil diatas disimpulkan bahwa pendekatan sistem dan prosedur bantuan kredit pada bagfan transportasi untuk memiliki kendaraan bisa dilakukan oleh PT. X dalam rangka peningkatan kesejahteraan pengemudi.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Manajemen Transportasi |
Subjects: | 600 Technology and Applied Sciences /Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 658.32 Compensation Management, Wage and Salary Administration/Manajemen Kompensasi, Administrasi Upah dan Gaji |
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Industri |
Depositing User: | Trie anto Perpustakaan |
Date Deposited: | 30 Oct 2023 07:17 |
Last Modified: | 30 Oct 2023 07:17 |
URI: | http://repository.unsada.ac.id/id/eprint/6998 |
Actions (login required)
View Item |