Ulfah Ismiati, Dewi (2018) Makna Keindahan Dalam Seni Ikebana Aliran Ikenobo. Other thesis, Universitas Darma Persada.
|
Text
Cover, dll..pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
Bab I.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
|
Text
Bab IV.pdf Download (566kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (554kB) | Preview |
|
|
Text
Glosarium.pdf Download (569kB) | Preview |
|
|
Text
Lampiran.pdf Download (666kB) | Preview |
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui makna keindahan dalam seni ikebana aliran ikenobō. Metode yang digunakan penulis pada penelitian ini adalah metode kepustakaan dan deskriptif analitis, yaitu mendeskripsikan data-data yang diperoleh kemudian menganalisanya. Hasil dari penelitian ini adalah ikebana adalah suatu kegiatan merangkai bunga, yang merupakan salah satu seni tradisonal di Jepang. Salah satu aliran ikebana adalah aliran ikenobō. Aliran ikenobō merupakan aliran tertua dalam ikebana, yang berpusat di Kuil Rokkakudō, Kyoto. Gaya rangkaian ikebana aliran ikenobō yaitu rikka, shōka, nagaire, dan moribana. Seni merangkai bunga dipengaruhi oleh Zen, yang merupakan salah satu aliran agama Buddha. Pada setiap rangkaian ikebana aliran ikenobō memiliki keindahan yang terkandung dalam tujuh karakteristik Zen yang diungkapkan oleh Shin’ichi Hisamatsu. Tujuh karakteristik tersebut yaitu asimetris, kesederhanaan. Keagungan yang tinggi, alami, makna yang dalam, bebas dari ketrikatan dan ketenangan. Kata Kunci : Makna, Keindahan, Ikebana, Ikenobō 本研究(ほんけんきゅう)は生(い)け花(ばな)の池坊(いけのぼう)の美(うつく)しさの意味(いみ)を知(し)るために行(おこな)われたものである。この研究(けんきゅう)では主(おも)に集中(しゅうちゅう)して深(ふか)く掘(ほ)り下(さ)げる余(あま)り定型化(ていけいか)されない方法(ほうほう)でデ(で)ータ(た)を集(あつ)め、その結果(けっか)のは言葉(ことば)による記述(きじゅつ)と分析(ぶんせき)を中心(ちゅうしん)にする質的調査(しつてきちょうさ)である。研究(けんきゅう)という研究方法(けんきゅうほうほう)で分析(ぶんせき)した。本研究(ほんけんきゅう)の結果(けっか)として生(い)け花(ばな)は花(はな)を整(ととの)える日本発祥(にほんはっしょう)の伝統的な芸術(げいじゅつ)ではあると知られてなり。一つ生(い)け花(ばな)の種類(しゅるい)の中(なか)には池坊(いけのぼう)である種類(しゅるい)です。池坊(いけのぼう)は京都六甲堂(きょうとろっこうどう)を中心(ちゅうしん)に生(い)け花(ばな)の中(なか)で最(もっと)も古(ふる)いである。池坊(いけのぼう)の花配置(はなはいち)のスタイル(すたいる)は立花(たちばな)・生花(せいか)・投入(とうにゅう)・盛(も)り花(ばな)である。花配置(はなはいち)のスタイル(すたいる)は、仏教(ぶっきょう)の教(おし)えの一(ひと)つ禅(ぜん)の宗教(しゅうきょう)の影響(えいきょう)を受(う)けた。それぞれ池坊(いけのぼう)の花配置久松眞一氏(はなはいちひさまつしんいちし)の禅(ぜん)の7つの特徴(とくちょう)に美(うつく)しさがある。その7つの特徴(とくちょう)は不均斉(ふきんせい)、簡素(かんそ)、孤高(ここう)、自然(しぜん)、幽玄(ゆうげん)、脱俗(だつぞく)、静寂(せいじゃく)である。 キークード :意味、美しさ、生け花、池坊
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Makna, Keindahan, Ikebana, Ikenobō |
Subjects: | 700 The Art, Fine and Sport/Kesenian, Hiburan dan Olahraga > 745.92 Floral Arts/Seni Merangkai Bunga |
Divisions: | Fakultas Bahasa Dan Budaya > Bahasa dan Kebudayaan Jepang |
Depositing User: | Fachry Al-Tolah Perpustakaan |
Date Deposited: | 31 Jan 2019 03:06 |
Last Modified: | 31 Jan 2019 03:06 |
URI: | http://repository.unsada.ac.id/id/eprint/710 |
Actions (login required)
View Item |