Alvarheza Archie, Rizdan (2023) ANALISA DATA MINING DALAM PENJUALAN SUKU CADANG MOBIL DENGAN MENGGUNAKAN METODE ALGORITMA APRIORI DAN SMARTER (STUDI KASUS: PT. REBUNG MEGAH KURNIA). Other thesis, UNSADA.
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (511kB) |
|
Text
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (724kB) |
|
Text
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
BAB 5.pdf Download (497kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (512kB) |
|
Text
HASIL TURNITIN.pdf Restricted to Registered users only Download (537kB) |
Abstract
PT. Rebung Megah Kurnia adalah salah satu perusahaan penjual suku cadang kendaraan roda empat hingga kendaraan berat. Walaupun masih terbilang perusahaan baru, penjualan suku cadang sudah meningkat pesat. Setiap harinya, data transaksi penjualan suku cadang di PT. Rebung Megah Kurnia terus menumpuk dengan pencatatan sistem manual, sehingga menyulitkan pihak perusahaan untuk menganalisis pola yang tersembunyi di dalam data maupun mengukur performa penjualan demi menyusun strategi pemasaran ke depannya karena belum memiliki sistem yang sepadan dengan beban kerja penjualannya. Oleh karena itu, PT. Rebung Megah Kurnia membutuhkan sistem yang dapat memudahkan perusahaan dalam mengolah data sehingga dapat menganalisis pola tersembunyi maupun mengukur performa penjualan. Salah satu cara pengolahan data yang dapat digunakan untuk masalah tersebut adalah datamining dengan analisis asosiasi menggunakan algoritma Apriori dan metode SMARTER. Teknik datamining dengan algoritma Apriori akan menghasilkan aturan asosiasi guna menentukan kebiasaan konsumen dalam membeli suku cadang secara bersamaan dalam satu waktu dengan dasar support dan confidence yang ditentukan. Sedangkan metode SMARTER yang merupakan perbaikan dari metode SMART akan menentukan proses pembobotan kriteria dan sub kriteria menggunakan metode ROC untuk menghasilkan nilai utility dari setiap kriteria agar nantinya dilakukan pemeringkatan terhadap alternatif yang nantinya akan menjadi sebuah acuan dalam mengambil keputusan strategi pemasaran apa yang akan dijalankan. Penelitian ini menerapkan kedua metode di atas dengan 2 k-itemset menggunakan threshold support bernilai 0.2 dan threshold supportxconfidence bernilai 0.02 pada metode Apriori serta dengan kriteria laba, jumlah terbeli, dan rata-rata pengiriman pada metode SMARTER.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | datamining, suku cadang, analisis, pemasaran, penjualan, MySQL |
Subjects: | 000 Generalities/Karya Umum > 005.3 Programs/ Program |
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Informatika |
Depositing User: | Suwatno Suwatno Perpustakaan |
Date Deposited: | 19 Feb 2024 07:15 |
Last Modified: | 19 Feb 2024 07:15 |
URI: | http://repository.unsada.ac.id/id/eprint/7586 |
Actions (login required)
View Item |