Rima, Maryani (2018) Perbandingan Tanggapan Mata Kuliah Kanji untuk Mahasiswa yang menggunakan kurikulum lama dan kurikulum baru Universitas Darma Persada. Other thesis, Universitas Darma Persada.
|
Text
Cover, dll.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
Bab I.pdf Download (976kB) | Preview |
|
Text
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
||
|
Text
Bab IV.pdf Download (699kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (657kB) | Preview |
|
|
Text
Lampiran.pdf Download (732kB) | Preview |
Abstract
Jepang merupakan negara yang memiliki 4 jenis huruf yang digunakan dalam tulisan-tulisan yaitu hiragana, katakana, romaji, dan kanji. Diantara huruf-huruf tersebut, kanji adalah salah satu huruf Jepang yang digunakan dalam penulisan bahasa Jepang. Huruf kanji yang masuk ke dalam negara Jepang pada abad IV. Huruf kanji dipelajari dari tingkat dasar hingga perguruan tinggi, dan kanji memiliki tingkat kesulitan dalam mempelajari huruf tersebut. Dalam sejarahnya ada 50.000 kanji, dan kemudian dikembangkan beberapa kanji menjadi huruf hiragana dan katakana. Bahasa Jepang juga dipelajari oleh hampir sebagian besar penduduk dunia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cara belajar orang asing yang mempelajari bahasa Jepang. Universitas Darma Persada juga terdapat pembelajaran bahasa Jepang, dan memiliki kurikulum yang diterapkan dalam universitas tersebut. Pada saat ini ada 2 kurikulum yang diterapkan dalam pembelajaran bahasa Jepang, yaitu kurikulum lama dan kurikulum baru. Kurikulum lama dan kurikulum baru memiliki persamaan dan perbedaan dalam proses pembelajarannya. Tujuan dari penelitian kali ini untuk mengetahui cara belajar kanji yang efektif dan efisien. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan cara mengamati dan menyebar kuesioner kepada mahasiswa semester 2 dan semester 4. Hasil penelitian adalah terdapat persamaan dan perbedaan kurikulum lama dan kurikulum baru. Kedua kurikulum tersebut memiliki persamaan dalam hal belajar kanji itu menyenangkan dan dosen atau pengajar menggunakan media belajar seperti alat praga, kartu game dapat mempermudah mahasiswa tersebut. Perbedaan kurikulum lama dan kurikulum baru yaitu dalam hal buku nya dan kemampuan untuk mencapai target yang ditentukan oleh Universitas Darma Persada. Kata kunci: Kanji, Kurikulum lama, Kurikulum baru 日本は、ひらがな、カタカナ、ローマ字、漢字、四つの字を使用している国です。その字の中で、漢字は日本の書き方で使わせる字の一つです。この字は4世紀に日本で紹介されました。漢字は小学校から大学まで習って、それぞれの字の段階がある。 歴史的には、5000種類の漢字があって、いくつかひらがなとカタカナに変えている。日本語も大分の国で習わせている。この研究は外国人の日本語の習い方を知ることです。ダルマプルサダ大学も日本語の授業があって、自分の教科を持っている。今は日本語を習うために、古い教科と新しい教科が二つの教科を決めている。漢字を習う ための手順の古い教科と新しい教科は同様と違いがある。今回の論文は良い方法で漢字の習い方のことです。研究のしかたは分析と二学期と四学期の学生にアンケートを渡すことです。結果はそれぞれの教科に同様と違いが見つけた。古い教科と新しい教科の同じところは漢字の授業は楽しくて、それにゲームカードや小道具を使っている先生は漢字を習っている学生を楽にする。違いところは使用している本とダルマプルサダ大学が決めた目的を果たすための能力です。 キーワード: 漢字, 古い教科, 新しい教科
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kanji, Kurikulum lama, Kurikulum baru |
Subjects: | 800 Literature/Kesusastraan > 895.6 Japanese Literatures/Kesusastraan Jepang |
Divisions: | Fakultas Bahasa Dan Budaya > Bahasa dan Kebudayaan Jepang |
Depositing User: | Fachry Al-Tolah Perpustakaan |
Date Deposited: | 04 Mar 2019 14:22 |
Last Modified: | 04 Mar 2019 14:22 |
URI: | http://repository.unsada.ac.id/id/eprint/793 |
Actions (login required)
View Item |