Deddy Wibowo, Adhinugroho (2024) ANALISIS KELUHAN PELANGGAN TERHADAP PELAYANAN RUMAH SAKIT BERSTANDAR INTERNASIONAL DI INDONESIA. [Experiment]
Text
Artikel_Analisis Jenis Keluhan Pelanggan Terhadap Pelayanan Rumah Sakit Berstandar Internasional di Indonesia.pdf Download (556kB) |
Abstract
Pelayanan kesehatan adalah suatu kebutuhan utama bagi kelangsungan hidup manusia baik sebagai individu maupun sebagai sebuah masyarakat, namun seiring perkembangan jaman dan pola kehidupan manusia, pelayanan kesehatan dewasa ini juga telah berkembang menjadi salah satu kegiatan bisnis yang menawarkan pengalaman kualitas pelayanan yang lebih baik, sehingga para pasien sebagai pelanggan rela mengeluarkan biaya lebih untuk mendapat kepastian, ketenangan, dan kenyamanan pelayanan kesehatan. Namun fenomena yang terjadi di kalangan masyarakat menengah ke atas di Indonesia belakangan ini lebih suka untuk mempercayakan penanganan masalah kesehatannya ke unit pelayanan kesehatan di luar negeri, atas dasar penilaian maupun rekomendasi bahwa pelayanan kesehatan di luar negeri jauh lebih baik berbanding dengan biaya yang dikeluarkan. Kondisi ini menjadi tantangan bagi penyedia layanan kesehatan (klinik maupun rumah sakit) di Indonesia, khususnya yang sudah mengklaim berstandar internasional, untuk mencari penyebabnya dan mengevaluasi kinerja pelayanannya. Penelitian ini dilakukan untuk menganalisa pendapat dan kumpulan pengalaman keluhan para pelanggan (pasien dan keluarga pasien) atas pelayanan dari lima rumah sakit terkemuka berstandar internasional melalui 250 sampel pendapat pelanggan. Penelitian ini menggunakan metode analisa data sekunder yang bersumber dari Google Review and Rating (ulasan) pelanggan atas lima sampel rumah sakit berstandar internasional tersebut, untuk mencari penyebab paling dominan yang menjadi sumber kekecewaan pelanggan terhadap pelayanan kesehatan di rumah sakit-rumah sakit di Indonesia tersebut.
Item Type: | Experiment |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kesehatan; Pelayanan; Rumah sakit |
Subjects: | 600 Technology and Applied Sciences /Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 658.812 Customer Relations, Customer Services/Hubungan Pemasaran dengan Pelanggan, Layanan kepada Pelanggan |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Manajemen |
Depositing User: | Setyo Renny Perpustakaan |
Date Deposited: | 28 Aug 2024 07:18 |
Last Modified: | 28 Aug 2024 07:18 |
URI: | http://repository.unsada.ac.id/id/eprint/8455 |
Actions (login required)
View Item |