Victor Simon, Parhusip (2022) STANDARISASI KAPAL KAYU PENYEBERANGAN DI DANAU TOBA. Other thesis, UNSADA.
Text
COVER.pdf Download (4MB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB 2.pdf Download (2MB) |
|
Text
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
Text
BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
Text
BAB 6.pdf Download (1MB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (1MB) |
|
Text
HASIL TURNITIN.pdf Restricted to Registered users only Download (494kB) |
Abstract
Kapal kayu penyeberangan di Danau Toba merupakan kapal khas tradisional yang berada di Sumatera Utara,Indonesia. Kapal kayu ini juga masih digunakan hingga sekarang dan mempunyai banyak mamfaat bagi masyarakat dikawasan Danau Toba. Kapal kayu ini merupakan kapal yang sangat tangguh dan adaptif walaupun pembuatan kapal ini sama sekali tidak memakai metode-metode engineering apalagi mengikuti standar ataupun kriteria yang mengatur tentang pembuatan kapal. Maka dari itu peneliti tertarik mempelajari pembuatan dari kapal kayu ini yang memakai metode-metode perkapalan mengikuti standar, kriteria dan peraturan- peraturan yang berlaku dalam dunia perkapalan. Pada penelitian yang mendesain kapal kayu yang standar ini, membahas tentang penentuan ukuran utama kapal dengan perbandingan beberapa geometri kapal seperti perbandingan panjang,lebar,tinggi dan sarat air. Metode Trend Curve Design dilakukan pada desain gambar rencana garis (Lines Plan) dan rencana umum (General Arrangement). Stabilitas dan tahanan dihitung sebagai faktor keselamatan saat pelayaran.Dari metode Trend Curve Design didapatkan ukuran utama kapal yaitu LPP = 18 m, B = 6 m, H = 1,5 m, T = 0,6 m, Cb = 0,39 dan Vs = 12 Knot. Dari dimensi tersebut dirancanglah gambar rencana garis (Lines Plan),rencana umum (General Arrangement),perhitungan hambatan dan stabilitas. Dan untuk analisa metode Seakeeping didapatkan hasil memenuhi syarat sesuai dengan 3 kriteria menurut Olson yaitu: Amplitude Average Roll 12 Degree, Amplitude Average Pitch 3 Degree, dan Significant Heave Accelerationt. Dan untuk analisa deck wetness didapatkan hasil 0% dengan kriteria maxmimal 0,5%.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Standar,Kapal Kayu, Danau Toba, Hambatan, Stabilitas, Seakeeping,Deck Wetness |
Subjects: | 600 Technology and Applied Sciences /Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 623.82 Nautical Craft/Kapal laut |
Divisions: | Fakultas Teknologi Kelautan > Teknik Perkapalan |
Depositing User: | Suwatno Suwatno Perpustakaan |
Date Deposited: | 13 Dec 2024 07:52 |
Last Modified: | 13 Dec 2024 07:52 |
URI: | http://repository.unsada.ac.id/id/eprint/8759 |
Actions (login required)
View Item |