IMPLEMENTASI LAYANAN INFORMASI BERBASIS CHATBOT DENGAN MENGGUNAKAN API OPENAI PADA PT MARLINDO PRIMA EXPRESS

Rifqi Iqbal, Pratama (2024) IMPLEMENTASI LAYANAN INFORMASI BERBASIS CHATBOT DENGAN MENGGUNAKAN API OPENAI PADA PT MARLINDO PRIMA EXPRESS. Other thesis, UNSADA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (694kB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (505kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (631kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (646kB)
[img] Text
HASIL TURNITIN.pdf

Download (490kB)
[img] Text
SUKET TURNITIN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (151kB)
Official URL: http://repository.unsada.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan mengimplementasikan layanan informasi berbasis chatbot menggunakan API OpenAI pada PT Marlindo Prima Express. Chatbot ini dirancang untuk memberikan informasi terkait perusahaan dan layanan yang ditawarkan, serta menjawab pertanyaan pengguna dengan akurasi yang tinggi. Proses pengembangan melibatkan fine-tuning model GPT-3.5 dan menggunakan Firebase sebagai platform untuk autentikasi dan penyimpanan data. Pengujian dilakukan melalui User Acceptance Testing (UAT) dan pengujian akurasi untuk menilai performa chatbot. Proses UAT melibatkan 10 pengguna yang memberikan feedback tentang fungsionalitas, kinerja, kemudahan penggunaan, dan kepuasan keseluruhan. Hasil pengujian menunjukkan bahwa chatbot memiliki akurasi sebesar 100% dalam menjawab 50 pertanyaan yang diuji. Hal ini menunjukkan bahwa model yang dikembangkan serta pengalihan manual berdasarkan pola teks efektif dalam menangani pertanyaan pengguna. Implementasi aplikasi menggunakan Firebase Hosting berhasil dilakukan dengan baik, memungkinkan akses yang mudah melalui URL yang disediakan. Dengan adanya chatbot ini, PT Marlindo Prima Express dapat memberikan layanan informasi yang lebih efisien dan responsif kepada pengguna. Pengembangan lebih lanjut dapat dilakukan dengan peningkatan data pelatihan, monitoring dan evaluasi berkala, serta penyempurnaan antarmuka pengguna.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: Dosen Pembimbing Herianto,S.Pd.,M.T
Uncontrolled Keywords: Chatbot, OpenAI API, Fine-tuning, User Acceptance Testing, Firebase, PT Marlindo Prima Express, Akurasi.
Subjects: 000 Generalities/Karya Umum > 005.3 Programs/ Program
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Informatika
Depositing User: Suwatno Suwatno Perpustakaan
Date Deposited: 22 Oct 2025 07:48
Last Modified: 22 Oct 2025 07:48
URI: http://repository.unsada.ac.id/id/eprint/9080

Actions (login required)

View Item View Item