PERANCANGAN SISTEM PENGISIAN DAYA BATERAI SEPEDA MOTOR LISTRIK TIGA RODA MENGGUNAKAN GENERATOR MAGNET PERMANEN

Muhammad Irfan, Zidny (2021) PERANCANGAN SISTEM PENGISIAN DAYA BATERAI SEPEDA MOTOR LISTRIK TIGA RODA MENGGUNAKAN GENERATOR MAGNET PERMANEN. Other thesis, Universitas Darma Persada.

[img] Text
COVER-DAFTAR ISI.pdf

Download (559kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (15kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (347kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (592kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (784kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (63kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (178kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (230kB)
Official URL: http://repository.unsada.ac.id/cgi/oai2

Abstract

Kendaraan berbahan bakar fosil masih diandalkan sebagai sumber energi utama hingga sekarang, Emisi karbon yang ditinggalkan menjadi permasalahan besar bagi lingkungan dan kehidupan di dunia. Mulai dari pencemaran lingkungan dari limbah pengolahan hingga polusi udara yang dapat memicu gangguan kesehatan pada manusia. hal ini menyebabkan keterbatasan cadangan energi fosil dikarenakan energi fosil tidak dapat diperbaharui dan sisa dari pembakarannya berdampak pada kerusakan lingkungan. Untuk mengatasi masalah tersebut kendaraan dengan bahan bakar alternatif merupakan kendaraan yang perlu untuk dikembangkan pada saat ini. Sepeda motor listrik merupakan kendaraan berbahan alternatif dengan menggunakan energi listrik dari baterai sebagai energi utama, pengembangan pada sepeda motor listrik saat ini adalah memanfaatkan energi kinetik yang terbuang dari putaran roda menjadi energi listrik untuk mengisi daya baterai, dan untuk membangkitkan listrik dari putaran yang dimanfaatkan biasanya tetap menggunakan generator untuk proses pembangkitan listrik. Generator yang digunakan pada perancangan alat ini adalah generator yang berjenis low speed atau generator magnet permanen dan tanpa energi listrik awal sehingga menyesuaikan kecepatan rendah dari sepeda motor listrik. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental dimana hasil dari penelitian menunjukkan jarak tempuh hingga baterai habis 15.9 km dan ketika menggunakan rangkaian menjadi 16.1. Pengujian dengan cara sepeda motor listrik di dorong hingga 11 km didapatkan hasil 5.9 V sehingga dapat disimpulkan bahwa rangkaian pengisian berfungsi untuk mengisi daya baterai. Hanya saja pada penelitian ini adalah tahap awal dalam perancangan sistem pengisian sehingga butuh penelitian lebih lanjut agar sistem pengisian lebih optimal

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: daya baterai, pemanfaatan energi kinetik, generator low speed
Subjects: 600 Technology and Applied Sciences /Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 621.46 Electric and Related Motors/Motor Listrik
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Mesin
Depositing User: Trie anto Perpustakaan
Date Deposited: 17 Jan 2022 04:25
Last Modified: 17 Jan 2022 04:25
URI: http://repository.unsada.ac.id/id/eprint/2294

Actions (login required)

View Item View Item