PENGGUNAAN METODE APRIORI UNTUK PENENTUAN POLA PEMBELIAN DARI DATA TRANSAKSI PENJUALAN BARANG PADA TOKO ALDI PLASTIK.

Fanny, Wibianka (2021) PENGGUNAAN METODE APRIORI UNTUK PENENTUAN POLA PEMBELIAN DARI DATA TRANSAKSI PENJUALAN BARANG PADA TOKO ALDI PLASTIK. Other thesis, Universitas Darma Persada.

[img] Text
Cover.pdf

Download (336kB)
[img] Text
Bab 1.pdf

Download (106kB)
[img] Text
Bab 2.pdf

Download (369kB)
[img] Text
Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (160kB)
[img] Text
Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (723kB)
[img] Text
Bab 6.pdf

Download (91kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (256kB)
[img] Text
Lampiran.pdf

Download (261kB)
Official URL: http://repository.unsada.ac.id/cgi/oai2

Abstract

Toko Aldi Plastik merupakan salah satu usaha agen yang menjual kebutuhan seharihari berupa barang sembako yang setiap harinya harus memenuhi kebutuhan konsumen dan dituntut untuk mengambil keputusan yang tepat dalam menentukan strategi penjualan barang. Kendala yang dihadapi oleh Toko Aldi Plastik ini adalah pihak toko hanya berfokus pada laporan pendapatannya saja, yaitu data transaksi penjualan barang tidak dilakukan analisa yang dapat memberikan informasi yang bermanfaat dan pihak toko selalu menambah barang ditoko padahal minat pembeliannya sedikit ataupun sebaliknya. Cara mengetahui kebiasaan atau mengetahui pola pembelian dalam membeli barang di Toko Aldi Plastik yaitu menggunakan data transaksi penjualan barang pada bulan Oktober 2020 yaitu sebanyak 105. Nantinya data tersebut dilakukan analisa menggunakan metode apriori atau association rule (aturan asosiasi), untuk menemukan aturan asosiasi suatu kombinasi item, yaitu dengan perhitungan support dan confidence. Hasil dari perhitungan tersebut yang memiliki % tertinggi adalah nilai yang paling kuat, yaitu item barang yang sering dibeli dan nantinya dijadikan rekomendasi persediaan barang di toko. Aplikasi yang dibangun nantinya dapat dalam menentukan strategi penjualan barang oleh pihak Toko Aldi Plastik.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Metode Apriori, Pola, Pembelian, Barang
Subjects: 600 Technology and Applied Sciences /Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 658.8 Marketing, Management of Distribution/Marketing, Manajemen Distribusi
Divisions: Fakultas Teknik > Sistem Informasi
Depositing User: Julia Ningsih Perpustakaan
Date Deposited: 19 May 2022 07:12
Last Modified: 19 May 2022 07:12
URI: http://repository.unsada.ac.id/id/eprint/2623

Actions (login required)

View Item View Item