Gangsar Cahyo, Yowono (2015) ANALISIS SISTEM ANTRIAN SERVICE MOBIL DI PT. TUNAS MOBILINDO PERKASA DENGAN MENGGUNAKAN SIMULASI ARENA. Other thesis, Universitas Darma Persada.
|
Text
Cover.pdf Download (504kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 1.pdf Download (296kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 2.pdf Download (585kB) | Preview |
|
Text
Bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (377kB) |
||
Text
Bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (875kB) |
||
Text
Bab 5.pdf Restricted to Registered users only Download (319kB) |
||
|
Text
Bab 6.pdf Download (252kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (342kB) | Preview |
Abstract
PT. Tunas Mobilindo Perkasa adalah perusahaan yang salah satu dari banyak bisnisnya bergerak dalam bidang pelayanan service mobil . Dalam penelitian kali ini akan membahas tentang system antrian yang terjadi pada antrian kendaraan service . PT . Tunas Mobilindo Perkasa memiliki kendala dalam antrian service kendaraan karena sering terjadi antrian panjang khususnya antrian kendaraan saat cuci . Analisis dengan menggunakan simulasi dengan software Arena diharapkan dapat mengetahui penyebab antrian dan dapat memberikan solusi dan perbaikan. Semakin bertambahnya pengguna mobil khususnya di Jakarta membuat pelangganpun bertambah yang service ke bengkel untuk merawat kendaraannya . Dalam proses pelayanan service di bengkel mengambil system dengan cara FIFO ( First In First Out ) dimana pelanggan yang datang terlebih dahulu datang akan dilayani pertama kali sesuai dengan urutannya . Pada system antrian yang telah diterapkan saat ini dilakukan simulasi dengan menggunakan Arena dimana hasil simulasi akan diolah kemudian akan mendapatkan cara mengatasi permasalahan antrian yang terjadi pada proses service kendaraan . Data yang telah dikumpulkan kemudian diolah untuk melihat dimana antrian sebenarnya terjadi . Hasil perhitungan menyimpulkan bahwa antrian yang terjadi pada stasiun cuci , pada kondisi awal waktu rata – rata menunggu 8.0593 menit dan jumlah antrian 8.6 . Dengan simulasi yang telah dilakukan maka dapat terlihat pada stasiun kerja tersebut terjadi antrian dalam proses cuci. Setelah dilakukan penelitian ditemukan cara untuk mengatasi masalah antrian service kendaraan . Adapun cara mengatasinya adalah dengan penambahan petugas cuci kendaraan , cara itu dipilih kareana dapat mengurangi jumlah waktu rata – rata menunggu dimana saat kondisi awal 8.0593 menit dan jumlah antrian 8.6 kemudian saat kondisi analisis menurun menjadi waktu rata – rata menunggu pada cuci 1 0.4835 menit dan jumlah antrian 0.2417, pada cuci 2 waktu rata – rata 0.1453 menit dan jumlah antrian 0.072
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 600 Technology and Applied Sciences /Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 658.8 Marketing, Management of Distribution/Marketing, Manajemen Distribusi |
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Industri |
Depositing User: | Julia Ningsih Perpustakaan |
Date Deposited: | 20 Jul 2018 07:16 |
Last Modified: | 20 Jul 2018 07:16 |
URI: | http://repository.unsada.ac.id/id/eprint/74 |
Actions (login required)
View Item |