TINJAUAN TURN ROUND TIME STUDI KASUS : UNIT TERMINAL PETIKEMAS I PELABUHAN TANJUNG PRIOK

YUDHA, SEPTIAWAN (2015) TINJAUAN TURN ROUND TIME STUDI KASUS : UNIT TERMINAL PETIKEMAS I PELABUHAN TANJUNG PRIOK. Other thesis, Universitas Darma Persada.

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (107kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 1.pdf

Download (81kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 2.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (285kB)
[img] Text
bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (774kB)
[img] Text
bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (400kB)
[img]
Preview
Text
bab 6.pdf

Download (12kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar pustaka.pdf

Download (30kB) | Preview
[img]
Preview
Text
lampiran.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://repository.unsada.ac.id/cgi/oai2

Abstract

Peran angkutan laut di Indonesia sangat penting. Hampir semua barang impor, ekspor dan muatan dalam jumlah yang sangat besar diangkut dengan menggunakan kapal laut. Penggunaan kapal petikemas sangat baik, karena memiliki keuntungan dalam segi kecepatan bongkar - muat, sehingga waktu kapal di pelabuhan dapat ditekan. Dalam tinjauan ini digunakan metode key performance indicator TRT dimana datanya berasal dari UTPK 1 Pelabuhan Tanjung Priok. Maka akan di dapatkan komponen waktu kapal selama di pelabuhan, baik itu di perairan maupun di tambatan. Analisa ini bertujuan untuk mengetahui dan membandingkan waktu pelayanan kapal selama berada di pelabuhan, serta faktor-faktor apa saja yg mempengaruhi Turn Round Time ( TRT ) kapal di UTPK I Pelabuhan Tanjung Priok. Selanjutnya dilakukan perbandingan dengan pelabuhan domestik lainnya. Ditinjau dari Turn Round Time ( TRT ) dimana T1 adalah waktu selama kapal berada di pelabuhan yang dihitung sejak kapal tiba di lokasi lego jangkar di luar perairan pelabuhan ketika menunggu bantuan pandu dan kapal tunda, T2 adalah waktu selama kapal bersandar untuk melakukan bongkar muat sampai kapal selesai bongka rmuat di dermaga yang di hitung sejak tali tambat di ikat sampai tali tambat di lepas, sedangkan T3 adalah waktu kapal meninggalkan pelabuhan yang di hitung sejak tali tambat di lepas sampai kapal keluar dari kolam pelabuhan untuk berlayar. Dari segi pelayaran kapal di bagi menjadi 2, yaitu pelayaran domestik dan pelayaran ocean going. Pada bulan April 2014 – April 2015 ratarata waktu TRT di UTPK 1 Pelabuhan Tanjung Priok yang dibutuhkan untuk pelayaran domestik adalah 43,34 jam, dan untuk pelayaran ocean going adalah 22,28 jam.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Pelabuhan, Petikemas, Kinerja Pelabuhan, Komponen Waktu Pelayanan Kapal, Turn Round Time
Subjects: 600 Technology and Applied Sciences /Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 623.8 Nautical Engineering and Seamanship/Teknik Perkapalan, Teknik Nautika dan Ilmu Angkatan laut
Divisions: Fakultas Teknologi Kelautan > Teknik Perkapalan
Depositing User: Julia Ningsih Perpustakaan
Date Deposited: 20 Aug 2018 05:58
Last Modified: 20 Aug 2018 05:58
URI: http://repository.unsada.ac.id/id/eprint/326

Actions (login required)

View Item View Item