PENELITIAN PERFORMANCE MAIN ENGINE DENGAN MEMBUAT KURVA HUBUNGAN ANTARA PENGGUNAAN BAHAN BAKAR DENGAN KECEPATAN BERLAYAR DAN JARAK TEMPUH

Syamsu, Kahar (2002) PENELITIAN PERFORMANCE MAIN ENGINE DENGAN MEMBUAT KURVA HUBUNGAN ANTARA PENGGUNAAN BAHAN BAKAR DENGAN KECEPATAN BERLAYAR DAN JARAK TEMPUH. Other thesis, UNSADA.

[img] Text
BAB-01.pdf

Download (7MB)
[img] Text
BAB-02.pdf

Download (3MB)
[img] Text
BAB-03.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB-04.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB-05.pdf

Download (8MB)
Official URL: http://repository.unsada.ac.id/cgi/oai2

Abstract

Seiring dengan arus perdagangan global, diesel merupakan tenaga penggerak yang banyak dipakai pada kendaraan darat maupun kendaraan laut. Motor diesel mempunyai banyak keunggulan antara lain mempunyai tingkat efisiensi yang tinggi dengan tingkat pemakaian bahan bakar relatif rendah Keuntungan lainnya ukuran mesin sangat kompak dan mudah dikendalikan. Dalam pengelolaan kapal-kapal yang dimiliki Pertamina Bidang Perkapalan banyak permasalahan-permasalahan yang timbul berkaitan dengan permesinan, salah satunya adalah berkaitan dengan operasional diesel engine dan hubungannya dengan kecepatan berlayar dan jarak tempuh. Motor diesel merupakan salah satu sumber tenaga penggerak yang dapat membantu aktivitas yang diakukan manusia sehari-hari, sebagai alat transportasi laut. Karakteristik suatu engine sangat penting, karena dengan mengetahui karakteristikya dapat diketahui besarnya daya efektif serta dapat menentukan perawatan yang tepat bagi engine tersebut sehingga dalam jangka panjang mesin tersebut lebih ekonomis. Karakteristik utama dari mesin diesel yang membedakan dengan motor bakar yang lain adalah metoda penyalaan bahan bakar. Dalam mesin diesel bahan bakar diinjeksikan ke dalam silinder, yang berisi udara bertekanan tinggi, Selama kompresi udara dalam silinder mesin maka suhu udara meningkat, sehingga ketika bahan bakar, dalam bentuk kabut halus, bersinggungan dengan udara panas ini, akan menyala, dan tidak dibutuhkan alat penyalaan dari luar. Karena alasan ini maka mesin diesel disebut juga mesin penyalaan kompresi Performance main engine ketika menggunakan bahan bakar MDO maupun menggunakan bahan bakar HSD tidak menunjukkan perbedaan yang cukup signifikan, tetapi pada fuel consumption mesin diesel menggunakan lebih banyak bahan bakar MDO dibandingkan bahan bakar HSD. Selain itu kecepatan dan jarak tempuh kapal selama operasional (digunakan oleh PERT4MINA), bongkar muat dan sebagainya, tidak menunjukkan perbedaan yang cukup besar dibandingkan kecepatan dan jarak tempuh secara teori. Hal ini disebabkan Pertamina terutama anak buah kapal berusaha untuk memenuhi persyaratan, perbaikan dan perawatan kapal sesuai dengan operation manual dari pembuat diesel serta aturan klasifikasi yang berlaku untuk kapal MT, Pandan

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Teknik perkapalan
Subjects: 600 Technology and Applied Sciences /Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 623.8 Nautical Engineering and Seamanship/Teknik Perkapalan, Teknik Nautika dan Ilmu Angkatan laut
Divisions: Fakultas Teknologi Kelautan > Teknik Sistem Perkapalan
Depositing User: Suwatno Suwatno Perpustakaan
Date Deposited: 19 May 2023 02:59
Last Modified: 20 May 2024 04:17
URI: http://repository.unsada.ac.id/id/eprint/6145

Actions (login required)

View Item View Item