DAMPAK COVID-19 TERHADAP SISTEM PENDIDIKAN DI JEPANG

Dita Nur, Prihandini (2023) DAMPAK COVID-19 TERHADAP SISTEM PENDIDIKAN DI JEPANG. Other thesis, UNSADA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
BAB 4.pdf

Download (539kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)
[img] Text
HASIL TURNITIN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (650kB)
[img] Text
SUKET_2018110166_Dita Nur Prihandini_DAMPAK COVID-19 TERHADAP SISTEM PENDIDIKAN DI JEPANG - Pyramid Blok.pdf
Restricted to Registered users only

Download (672kB)
Official URL: http://repository.unsada.ac.id

Abstract

Dalam penelitian ini membahas mengenai dampak covid-19 terhadap sistem pendidikan di Jepang. Dampak dari penyebaran virus covid-19 menyebabkan penutupan sekolah untuk sementara waktu di Jepang, hal tersebut mengakibatkan pembelajaran secara online atau pembelajaran jarak jauh. Dengan adanya sistem pendidikan yang berubah secara online, pembelajaran dilakukan dengan menggunakan ICT (Information and Communication Technology) untuk mendukung sarana pembelajaran jarak jauh. Maka dengan adanya situasi tersebut pemerintah Jepang pada awal tahun 2020 merealisasikan program pembelajaran GIGA (Global and Innovation Gateway for All) yang berbasis ICT, sebagai upaya dalam mengatasi pembelajaran di saat situasi penyebaran virus covid-19. Adanya program pembelajaran GIGA dengan menggunakan konsep 1 (satu) perangkat untuk setiap anak, memiliki dampak terhadap sektor pendidikan di Jepang. Dengan adanya penerapan pembelajaran program GIGA bagi siswa sekolah dasar di Jepang pada tahun 2020, terdapat dampak positif dan negatif bagi siswa sekolah dasar di Jepang dengan pembelajaran menggunakan ICT. Adapun tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui upaya pemerintah Jepang dalam menghadapi situasi covid-19 bagi pendidikan di Jepang, dan mengetahui cara pemerintah Jepang dalam memberikan pelayanan pembelajaran dengan program GIGA, serta dapat memaparkan dampak yang terjadi terhadap program pembelajaran GIGA yang berbasis ICT di Jepang. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif analisis dengan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran saat covid-19 berdampak kepada perkembangan teknologi, terhadap pembelajaran bagi siswa sekolah dasar di Jepang melalui program GIGA yang berbasis ICT.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: GIGA, ICT, pembelajaran online, sistem pendidikan
Subjects: 300 Social Science/Ilmu Sosial > 371.3 Methods of Instruction and Study/Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Bahasa Dan Budaya > Bahasa dan Kebudayaan Jepang
Depositing User: Suwatno Suwatno Perpustakaan
Date Deposited: 21 Oct 2024 02:53
Last Modified: 21 Oct 2024 02:53
URI: http://repository.unsada.ac.id/id/eprint/8463

Actions (login required)

View Item View Item