Dita Nur, Prihandini (2023) DAMPAK COVID-19 TERHADAP SISTEM PENDIDIKAN DI JEPANG. Other thesis, UNSADA.
Text
COVER.pdf Download (2MB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
Text
BAB 4.pdf Download (539kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (1MB) |
|
Text
HASIL TURNITIN.pdf Restricted to Registered users only Download (650kB) |
|
Text
SUKET_2018110166_Dita Nur Prihandini_DAMPAK COVID-19 TERHADAP SISTEM PENDIDIKAN DI JEPANG - Pyramid Blok.pdf Restricted to Registered users only Download (672kB) |
Abstract
Dalam penelitian ini membahas mengenai dampak covid-19 terhadap sistem pendidikan di Jepang. Dampak dari penyebaran virus covid-19 menyebabkan penutupan sekolah untuk sementara waktu di Jepang, hal tersebut mengakibatkan pembelajaran secara online atau pembelajaran jarak jauh. Dengan adanya sistem pendidikan yang berubah secara online, pembelajaran dilakukan dengan menggunakan ICT (Information and Communication Technology) untuk mendukung sarana pembelajaran jarak jauh. Maka dengan adanya situasi tersebut pemerintah Jepang pada awal tahun 2020 merealisasikan program pembelajaran GIGA (Global and Innovation Gateway for All) yang berbasis ICT, sebagai upaya dalam mengatasi pembelajaran di saat situasi penyebaran virus covid-19. Adanya program pembelajaran GIGA dengan menggunakan konsep 1 (satu) perangkat untuk setiap anak, memiliki dampak terhadap sektor pendidikan di Jepang. Dengan adanya penerapan pembelajaran program GIGA bagi siswa sekolah dasar di Jepang pada tahun 2020, terdapat dampak positif dan negatif bagi siswa sekolah dasar di Jepang dengan pembelajaran menggunakan ICT. Adapun tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui upaya pemerintah Jepang dalam menghadapi situasi covid-19 bagi pendidikan di Jepang, dan mengetahui cara pemerintah Jepang dalam memberikan pelayanan pembelajaran dengan program GIGA, serta dapat memaparkan dampak yang terjadi terhadap program pembelajaran GIGA yang berbasis ICT di Jepang. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif analisis dengan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran saat covid-19 berdampak kepada perkembangan teknologi, terhadap pembelajaran bagi siswa sekolah dasar di Jepang melalui program GIGA yang berbasis ICT.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | GIGA, ICT, pembelajaran online, sistem pendidikan |
Subjects: | 300 Social Science/Ilmu Sosial > 371.3 Methods of Instruction and Study/Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Bahasa Dan Budaya > Bahasa dan Kebudayaan Jepang |
Depositing User: | Suwatno Suwatno Perpustakaan |
Date Deposited: | 21 Oct 2024 02:53 |
Last Modified: | 21 Oct 2024 02:53 |
URI: | http://repository.unsada.ac.id/id/eprint/8463 |
Actions (login required)
View Item |